TREN GOWES, OLAHRAGA RAMAH LINGKUNGAN DI MASA PANDEMI

TREN GOWES, OLAHRAGA RAMAH LINGKUNGAN DI MASA PANDEMI

Bersepeda saat ini sedang digandrungi banyak kalangan. Ada yang memanfaatkan kendaraan roda dua ini untuk sehari-hari ke kantor, ada juga yang cuma dipakai setiap akhir pekan. Selain menyehatkan, bersepeda juga fun lho, apalagi kalau gowesnya ramai-ramai.

Tapi sadar nggak sih, kalau ada satu hal yang jarang banget diperhatikan pada pesepeda. Bukan ukuran ban, bukan juga soal sadel alias jok sepeda. Tapi ukuran tekanan udara pada ban.

Sadar atau nggak, ketika memompa ban ukurannya hanya perasaan. Caranya memencet ban. Kalau sudah dirasa kencang, biasanya udara masuk ke ban langsung disetop.

Berpengaruh ke Karakter Sepeda

Banyak yang menganggap sepele soal tekanan udara ban. Padahal tekanan udara bisa berpengaruh pada sepeda. Lumayan berasa lho bro pengaruhnya. Karena dua ban sepeda yang bersentuhan dengan permukaan jalan, bukan komponen sepeda lainnya.

Tekanan udara yang rendah, normal, tinggi akan membuat sepeda yang berbeda. Tekanan udara rendah, tekanan udara tinggi, tekanan udara normal, bisa membuat bentuk ban yang berbeda dan bisa kita lihat dengan mata.

Kecepatan

Tekanan udara yang lebih tinggi akan menghasilkan rolling resistance yang lebih rendah. Buat yang belum paham, rolling resistance adalah tahanan terhadap roda saat menggelinding akibat adanya gaya gesek antara roda dengan permukaan jalan.

Tekanan udara tinggi akan membuat ban lebih kaku alias sulit berubah bentuknya. Jadi, jangan pernah berpikir kalau ban diisi dengan tekanan udara tinggi bisa melaju lebih cepat. Itu keliru ya bro.

Sebagai catatan, hal itu nggak selamanya kejadian kok. Hal di atas cuma untuk sepeda yang di alan mulus dan sepeda tanpa suspensi. Tapi, kalau sepeda balap diisi dengan tekanan udara yang maksimal maka lajunya akan lebih cepat, apalagi kalau jalan di atas aspal yang mulus. Sepeda balap lo bakal meluncur lebih cepat.

Jangan coba-coba sepeda balap yang diisi tekanan udara tinggi, tapi diajak melaju di jalanan yang tidak rata. Bisa-bisa cara berkendara lo jadi nggak nyaman karena sepeda terpantul-pantul

Ban yang bertekanan rendah menyerap guncangan dan getaran yang ada dari permukaan, sekaligus juga menyerap sebagian kekuatan kayuhan. Ban yang keras menyalurkan getaran ke sepeda, suspensi sepeda dan badan pesepeda.

Rekomendasi Tekanan Udara Ban

Kalau sadar dengan ban sepeda yang lo pasang, maka akan terlihat keterangan soal tekanan udara maksimal yang dihitung dalam satuan bar atau psi. Untuk 1 bar itu sama dengan 14,5 psi. Tekanan yang diterima ban depan dan belakang itu nggak sama. Ban belakang lebih banyak menerima tekanan dan bekerja lebih sebagai roda penggerak. Karena itu tekanan udara ban belakang harus kita atur lebih tinggi daripada tekanan udara ban depan.

Buat sepeda gunung, perbandingannya sekitar 40%:60% (depan:belakang). Untuk sepeda balap yang pesepedanya lebih banyak membungkuk ke depan, perbandingan 45%:65%. Untuk posisi sepeda yang lebih tegak seperti sepeda lipat, perbandingannya 30:70%.

Gimana bro, sedikit mencerahkan nggak soal dunia persepedaan? Perhatikan lagi ya bro, soal tekanan udara, biar gowes makin asyik.

Mengayuh pedal sepeda di jalan raya saat ini sudah menjadi gaya hidup sehat yang sangat digemari orang banyak. Untuk menunjang kenyamanan dan ke saat bersepeda pasti lo membutuhkan berbagai macam aksesoris sepeda. Apa saja aksesorisnya? Simak ulasan berikut ini, bro.

Bersepeda kini seolah menemukan kembali masa kejayaannya. Zaman dulu sepeda dimanfaatkan sebagai sarana transportasi yang terbilang cepat dan efisien. Namun, saat ini sepeda tak hanya dimanfaatkan sebagai sarana transportasi, tapi juga sebagai sarana olahraga yang menyehatkan sekaligus menyenangkan.

Berbicara tentang sepeda, pasti lo sangat membutuhkan berbagai macam aksesoris untuk menunjang keamanan dan keselamatan saat bersepeda. Penampilan lo juga pasti lebih terlihat kece saat bersepeda menggunakan aksesoris-aksesoris ini, bro. Berikut ini beberapa aksesoris sepeda yang wajib lo gunakan saat gowes, bro.

Helm Sepeda

Helm sepeda bisa dibilang menjadi aksesoris penting yang wajib lo miliki tepat setelah mempunyai sebuah sepeda. Tak hanya dimiliki, aksesoris yang satu ini pun wajib lo pakai setiap kali lo menggowes sepeda, bro. Baik itu perjalanan jauh ataupun dekat.

Tujuannya tentu saja untuk melindungi kepala saat lo mengalami benturan atau terjatuh saat bersepeda, bro. Pilihlah helm sepeda yang tebal dan melindungi bagian kepala sampai bagian belakang. Untuk urusan yang satu ini, jangan ragu-ragu untuk mengeluarkan banyak uang. Memang, keselamatan itu mahal harganya, bro.

Botol Minum

Mengayuh pedal sepeda adalah aktivitas hal yang melelahkan. Terlebih di hari yang panas, tingkat kelelahan saat bersepeda pasti akan berlipat ganda. Dalam situasi ini tubuh lo otomatis bakal memerlukan cairan karena sudah mengeluarkan keringat yang sangat banyak.

Daripada harus singgah di mini market atau warung terdekat untuk membeli air minum, ada baiknya lo membawanya air minum sendiri, bro. Selain hemat budget, lo juga bisa menghemat waktu saat bersepeda. Untuk botol minum sendiri, sebaiknya pilih botol dengan bahan aluminium yang kuat dan ringan. Agar tidak mudah pecah dan praktis dibawa kemana-mana, bro.

Rantai dan Gembok

Untuk menjamin keamanan sepeda, sebaiknya lo harus memiliki rantai dan gembok, bro. Kedua benda ini sangat berguna ketika lo memarkirkan sepeda kesayangan lo.

Walaupun lo memarkir sepeda di tempat parkir yang dijaga, lo tetap harus mengunci sepeda dengan rantai dan gembok. Pilih rantai yang tebal dan sulit untuk dipotong untuk menjamin keamanan sepeda kesayangan lo, bro.

Lampu Sepeda

Lo juga sangat memerlukan lampu sepeda untuk berkendara pada malam hari, bro. Bukan hanya untuk menerangi jalan, tapi juga untuk memberikan tanda kepada pengendara lainnya akan keberadaan atau posisi lo di jalan raya.

Oleh karena itu, lo harus menggunakan lampu depan dan belakang. Sebaiknya, gunakan juga lampu sein untuk memberitahu pengendara lain kalau lo akan berbelok ke kanan atau ke kiri. Nah, lo bisa memasang lampu-lampu tersebut di sepeda atau helm yang lo gunakan, bro.

Pompa Ban Portable

Ada baiknya, selalu cek semua kelengkapan dan kesiapan sepeda setiap kali lo mau menggowes sepeda. Salah satunya adalah kesiapan dua ban sepeda lo, bro.

Ruang udara atau lantai yang dingin tentu saja bisa membuat ban sepeda lo kekurangan tekanan udara. Oleh karena itu, lo juga butuh pompa ban portable untuk menemani aktivitas sepeda lo, bro.

So, itulah beberapa aksesoris sepeda yang wajib lo gunakan saat gowes. Kalau lo sudah punya yang mana aja, bro?

Mau tau tempat sewa sepeda yang recomended dan lengkap??

Check youtube kita disini